Jumat, 01 Juni 2012

:: Revolusi Dunia Kedokteran Islam ::

“Wawancara Dengan dr.Ahmad al-Qadhi”

Kedokteran Islam kini hangat dibicarakan para ahli. Berawal dari metode pengobatan baru yang diterapkan dr.Ahmad al-Qadhi, Ahli Kedokteran Di Islamic Medical Centre Florida, Amerika Serikat, sembilan tahun setelah ia bersama team-nya terjun menangani pasien. Hasilnya sungguh menakjubkan, antara 70% hingga 80% pasien yang semula dianggap menderita penyakit seumur hidup, dengan pertolongan Allah SWT berhasil sembuh. Apa rahasianya ? Dokter keluaran Universitas Viena, yang terkenal sebagai ahli bedah di A.S. ini menyatakan rahasia itu ada dalam petunjuk al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Berikut ini adalah hasil wawancara dengan dr.Ahmad al-Qadhi.

1. Kapan Anda Mulai Menekuni Kedokteran Islam ? Bisa Anda Ceritakan Sepintas Pengalaman Ilmiah Anda Dalam Hal Ini ?

- Saya Tertarik Pada Kedokteran Islam sejak Saya mendalami Islam itu sendiri. Dari sana Saya yakin bahwa Islam Merupakan Agama Kehidupan yang semakin dihubungkan dengan ilmu pengetahuan, semakin jelas kebaikan dan relevansinya. Dahulu, umumnya orang memahami istilah Kedokteran Islam terbatas pada pengertian Pribadi Muslim dan konsekuensi moral mereka dalam menjalankan tugasnya. Sebenarnya istilah Kedokteran Islam itu luas, mencakup substansi ilmu kedokteran itu sendiri.

- Islam Adalah Agama yang integral. Itu Karakter Pertama dalam Kedokteran Islam. Artinya, Islam merupakan simbol yang mencakup seluruh masalah. Karakter Kedua, prinsip-prinsip ilmu pengetahuan harus dibangun di atas petunjuk Allah SWT. Apa yang dimaksud Thayyib ( baik ) ? Apa yang dimaksud Khabits ( buruk ) ? Pengertiannya tidak begitu saja diserahkan pada Ijtihad manusia.

- Karakter Ketiga, Alamiah, artinya ilmu Islam harus dapat digunakan dimana saja. Karakter Keempat, mencakup berbagai masalah secara teoretis. Karakter Kelima, ilmiah, maksudnya adalah kemestian melakukan penelitian yang cermat, evaluasi detil dan kesimpulan logis, inilah Metode al-Qur’an. Saya yakin, jika kita berpegang pada Lima Karakter Asasi ini, secara otomatis kita akan memperoleh Karakter Keenam, yakni Tamayyuz ( keistimewaan ). Kedokteran Islam telah berhasil disaat Kedokteran Modern gagal mengatasinya

- Sejak Sembilan Tahun terakhir kami menerapkan metode tersebut dalam praktek kedokteran. Dengan pertolongan Allah SWT, kami berhasil mengobati banyak penyakit, yang sebelumnya menurut kaidah dan penelitian Kedokteran Modern tidak mungkin disembuhkan.


2. Apa Yang Anda Maksud Dengan Kedokteran Islam ?

- Salah Satu Definisi Kedokteran Islam adalah semua muncul dari dunia kedokteran, baik berbentuk teknologi atau pengetahuan, yang tidak berbenturan dengan petunjuk Rabbani, bahkan terikat dengan petunjuk Rabbani.


3. Apa Saja Lapangan Dan Cabang-Cabang Ilmu Dalam Konsep Kedokteran Islam Yang Anda Maksud ?

- Kedokteran Islam Mencakup seluruh ilmu pengetahuan. dan sebenarnya semua ilmu pengetahuan perlu diluruskan dan dikaji kembali sampai berjalan sesuai dengan Karakter Islam. Tapi menurut hemat kami yang paling penting untuk dikaji ulang adalah bidang Psikologi atau Ilmu Kejiwaan. Ilmu Psikologi harus dikaji ulang secara mendasar. Karena ilmu Psikologi mengobati jiwa dan ruh manusia, dan hal itu merupakan faktor asasi yang menjadi fokus arahan petunjuk Rabbani dan nilai-nilai Islam.

- Meski Kini Telah diterapkan ilmu Psikologi Modern, namun tingkat kesengsaraan semakin banyak. Stress, kegagalan, broken home dan jumlah mereka yang mati bunuh diri. Psikologi Modern gagal mengobati pasien secara baik. Kondisi ini disebabkan metode pengobatan jiwa yang tidak dilakukan secara mendalam. Selain tidak merujuk kepada Metode al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, sebagai metode yang paling sesuai dengan fitrah, dan dilakukan tanpa melihat keyakinan si pasien. Muslim atau Non Muslim.

- Yang Jelas, kami bukan orang pertama yang menemukan metode Kedokteran Islam, sebab banyak orang selain kami yang juga menerapkannya. Metode ini merupakan metode alami, yang berjalan selaras dengan teori ilmiah yang benar. Di samping menggunakan faktor kecerdasan manusia, juga mengambil petunjuk dari al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW.


4. Bagaimana Metode Penyembuhan Yang Anda Lakukan ?

- Menyembuhkan Penyakit Seumur hidup, mungkin dianggap sebagian orang mustahil. Kami tidak menyembuhkan penyakit, namun berupaya memfungsikan faktor-faktor penyembuh secara alami yang Allah SWT berikan di dalam tubuh manusia. Bila faktor penyembuh ( Imunitas.red ) ini telah berfungsi kembali, secara otomatis tubuh akan terbebas dari penyakit. Karenanya, metode yang kami lakukan pada dasarnya adalah satu, namun dapat diterapkan untuk seluruh penyakit.

- Ada Sepuluh Poin dalam pengobatan kami. Pertama, Poin Makanan. Untuk melakukannya perlu belajar, lebih dari sekedar obat yang dikonsumsi oleh pasien. Sebagian obat diberikan, biasanya obat-obatan alami yang terdiri dari saripati rumput ( Tumbuh-Tumbuhan.red ), vitamin dan mineral. Akan tetapi penyembuhan berlandasan pemahaman tentang hidup. Cara makan yang sehat, kebiasaan yang sehat, berolah raga, semua hal ini perlu belajar. Belajar secara mendalam untuk merubah kepribadian si sakit. Yang paling sulit adalah merubah kebiasaan lama seseorang yang dilakukan sepanjang hidupnya. Kesulitan kedua adalah masalah kontinuitas mempertahankan kebiasaan baru. Mungkin saja seseorang dalam jangka waktu tertentu, sebulan, dua bulan, satu tahun atau dua tahun berubah, akan tetapi untuk berubah dan konsisten dengan perubahan itu sepanjang hidup cukup sulit. Karena itu, poin pertama itu saja harus merubah kepribadian si sakit secara menyeluruh.

-Poin Makanan Ini kami bagi menjadi tiga hal, yakni agar makanan itu berupa makanan nabati, alami dan hidup. Ini tidak berarti kami melarang memakan makanan hewani. Akan tetapi porsi makanan hewani tidak boleh melebihi 10 % dari apa yang dijadikan makanan. Kemudian makanan, hendaknya tidak melalui pembuatan, tidak terkotori dengan zat kimiawi, tidak disaring, khususnya dalam biji-bijian dan gandum. Makanan yang hidup atau tidak dimasak atau melalui pembuatan. Kami meminta kepada para pasien agar antara 50 % sampai 60 % makanan mereka itu makanan hidup, bukan makanan mati. Yang dimaksud makanan hidup makanan yang tidak dimasak, sedangkan makanan mati adalah dimasak atau dibuat.


5. Bagaimana Awalnya Anda Mengenal Konsep Ini ?

- Kami Memperoleh Sifat-Sifat penyembuh itu melalui Sunnah Rasulullah SAW dalam hal makanan. Beliau lebih sering memakan tumbuh-tumbuhan bumi. Rasulullah SAW memang memakan daging, akan tetapi beliau hanya memakannya pada kesempatan-kesempatan tertentu, dan itu tidak banyak. Beliau juga tidak memakan dua jenis daging. Makannya adalah makanan alami dan tidak mengandung unsur bahan pengawet. Yang lain, bahwa makanan Rasulullah SAW itu kasar, tidak ditumbuk yang biasanya memunculkan bubuk-bubuk putih, atau gula putih. Gula putih baru ditemukan sekitar 250 tahun silam. Ketika orang banyak mengkonsumsi gula putih, mulai banyak penderita penyakit diabetes dan jantung.

- Dari Sisi Makanan Rasulullah SAW, ini merupakan contoh bahwa makanan beliau lebih dominan, kurang lebih 90%, adalah makanan nabati. Sifatnya adalah makanan yang alami, dan berupa makanan hidup.

- Banyak Hewan Memiliki tubuh yang kuat, meskipun tidak makan daging, seperti sapi, kuda, unta dan sebagainya. Kami tidak mengharamkan makan daging, tapi hanya membatasi porsinya hingga 5% atau 10% saja. Karena unsur penguat itu sebenarnya ada pada makanan nabati.

- Poin Kedua, Adalah Makanan-Makanan Tambahan, seperti rumput-rumputan yang mempunyai manfaat pengobatan yang besar, di samping vitamin dan enzim. Rumput-rumputan kedokteran di sini sebagaimana disebarkan dalam Nash seperti Habbah ( biji-bijian ), Zanjabiil ( jahe ), Tsaum ( bawang putih ), semuanya terdapat dalam al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Ditambah rumput-rumputan lain yang tidak disebutkan di sana. Jenis rumput ini ada di mana saja. Termasuk dalam makanan tambahan adalah madu dan tepung sari.

- Poin Ketiga, Adalah Membersihkan Diri Dari Racun Dengan Cara Memasukkan Materi Melalui Mulut Atau Urat Yang Dapat Membersihkan Tubuh Dari Racun. Bisa juga menggunakan obat-obatan kimiawi alami yang tidak mengandung racun. Racun di dalam tubuh seperti air raksa dapat masuk melalui jalan pernafasan, minuman atau makanan. Ini merupakan efek polusi lingkungan. Dan materi-materi ini jika masuk ke dalam tubuh dapat menghambat fungsi imunisasi dan fungsi penyembuhan alami dalam tubuh.

-Selain Poin-Poin Di Atas, adalah Petunjuk Psikologis Yang Juga Menjadi Poin Asasi Dalam Penyembuhan. Si sakit diajarkan bagaimana caranya melepas diri dari perasaan dan bayangan buruk serta membangkitkan rasa optimis. Karena sesungguhnya perasaan negatif dan sedih, merupakan faktor paling dominan yang menjadikan seseorang lemah dan memperlambat sarana imunisasi dan unsur penyembuh alami yang ada di dalam tubuh.
Poin ini kami anggap sebagai poin yang paling sulit. Kami dapatkan bahwa al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW merupakan sarana paling baik untuk mengusir perasaan negatif. Islam melarang manusia memelihara perasaan negatif, baik secara eksplisit atau implisit.

- Ini Bukan Penemuan modern tapi sebenarnya sudah ditemukan sejak dulu. Meskipun demikian, seseorang yang keimanannya sudah benar, banyak yang tidak mengetahui bagaimana caranya menggunakan iman tersebut. Kami tidak menuduh orang itu imannya lemah. Tapi kami mengarahkan mereka untuk mengetahui pentingnya penggunaan iman itu sebagaimana orang yang memiliki peta, tapi tidak dapat memecahkan rumus-rumus yang ada di dalamnya. Peta ada di kantongnya tetapi ia tersesat di jalan. Maka menggunakan pemahaman al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW itu pengaruhnya diakui dalam mengobati penderita sakit agar ia terlepas dari lilitan perasaan negatif, meskipun ia bukan orang Muslim.

- Poin Lainnya Adalah Poin Olah Raga Dan Pengobatan Alami. Juga poin pembiasaan si sakit untuk melatih konsentrasi dan mengolah nafas.


6. Sejauh Mana Tingkat Keberhasilan Anda Dalam Menerapkan Metode Pengobatan Ini ?

- Jumlah Pasien Yang datang kepada kami sebenarnya tidak terlalu banyak. Akan tetapi hasil pengobatan diberikan diakui cukup baik. Yang paling banyak kami tangani adalah penyakit jantung, diabetes dan penyakit tulang ( encok ). Prosentase keberhasilannya antara 70%-80%.

 Adapun penyaki kanker yang sudah akut, sekitar 25% pasien yang mengalami penyembuhan. Jumlah ini memang tidak banyak, tapi bagaimanapun juga merupakan prestasi spektakuler.


7. Menurut Anda Apakah Kedokteran Islam Secara Alami Akan Membalik Paham Kedokteran Modern ?

- Ya, Kedokteran Islam secara alami akan membalik paham kedokteran modern. Tapi ini memerlukan kerja berkesinambungan dan serius selama puluhan tahun. Bila ini dilakukan, sepuluh tahun mendatang paham kedokteran di dunia akan berubah. Metode Kedokteran Islam akan menjadi alternatif pengganti atau penyempurna dalam praktek kedokteran.
Bila Manusia Komitmen dengan cara makan yang sehat, cara hidup sehat, dan cara berpikir sehat yang akan menghindari diri dari perasaan negatif sebagaimana ungkapan al-Qur’an, “Jangan Marah”, “Jangan Lemah”, “Jangan Bersedih”, “Jangan Takut”, Dan “Jangan Engkau Jadikan Di Dalam Hati Kami Terdapat Kedengkian Terhadap Orang-Orang Yang Beriman”, Dengan Izin Allah SWT Mereka Akan Sehat.

1 komentar: