Jumat, 01 Juni 2012

Tidur Siang didalam Ajaran Islam dan Sains

Qoilullah (Quick nap) atau tidur sekejap di waktu siang hari, biasanya menjelang dhuhur (jam 11-12) >> para abidin memberi saran supaya mudah bangun malam tahajud, hendaknya tidur qoilullah, imam ghazali mengatakan tidur qoilullah untuk sholat tahajud itu bagaikan sahur untuk puasa, sehingga di hukumi sunah jika niatnya untuk memudahkan bangun malam...

Di dalam kitab Misykatul Masabih disebutkan, "Tidur sekejap di waktu tengah hari atau qailulah bukanlah satu perbuatan yang keji kerana Rasulullah pernah melakukannya."

Imam Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin berkata,

"Hendaklah seseorang tidak meninggalkan tidur yang sekejap pada siang hari kerana ia membantu ibadah pada malam hari. sebaik-baiknya hendaklah seseorang itu bangun daripada tidurnya sebelum gelincir matahari untuk menunaikan solat zuhur."

nah, itu diloihat dari segi agama, ternyata pas saya browsing2 di Inet, manfaat tidur sekejap menjelang zuhur itu bagus banget buat kesehatan, walaupun hanya 30 menit tapi kualitasnya bagaikan 2 jam.. juga sangat menunjang didalam produktivitas pekerjaan :

- "92.5% pekerja yang berkesempatan tidur ada waktu tengah hari mempunyai daya kreativiti yang lebih tinggi berbanding mereka yang lain. Daya kemampuan mereka menyelesaikan masalah juga meningkat dan hasilnya ialah peningkatan produktiviti secara keseluruhannya."

- Waktu tengah hari adalah masa yang sesuai untuk tidur seketika kerana sistem badan manusia bersedia memanfaatkan fasa tidur pada waktu itu. Fasa ini dikenali sebagai midafternoon quiescent phase atau a secondary sleep gate.

- Di antara tokoh2 yang menggalakkan tidur pada waktu tengah hari adalah Dr. William A. Anthony (Ph.D.) dan Camille W. Anthony, pengarang buku The Art of Napping at Work. David F. Dinges dan Roger J. Broughtondi dalam buku mereka Sleep and Alertness juga bersetuju dengan pendapat ini.

- Kajian menunjukkan mereka yang secara rutin tidur selama 30 minit di waktu tengah hari mempunyai risiko menghidap penyakit jantung 30% lebih rendah berbanding mereka yang lain.

- Dr. James Maas, pakar tidur dari Cornell University merumuskan, tidur tengah hari selama 15-20 minit sudah mencukupi bagi mengembalikan tenaga dan menjaga kesihatan. Seorang pengkaji yang lain, Donald Greely, berpendapat tidur tengah hari adalah bermanfaat selama mana ia tidak melebihi 1 jam.

- Manfaat Quick-nap atau qailulah menurut para ahli antara lain

1. Meningkatkan kewaspadaan, ingatan atau memori, kemampuan motorik, pengambilan keputusan dan semangat. Bahkan juga dapat menurunkan kemungkinan sakit jantung dan stress sebesar 30%. Manfaat ini diteliti oleh David Dinges dari University of Pennsylvania School of Medicine pada tahun 80 an.

2. Menyingkirkan kantuk di siang hari tanpa mengganggu tidur malam hari. Manfaat tersebut diungkapkan oleh Jim Horne, direktur Sleep Research Centre di Loughborough University di Inggris.

3. Memberikan ketenangan. Kata Dr. Roger Rosa, ilmuwan senior dari the National Institute for Occupational Safety and Health.

Berikut adalah saran dari Dr. Sara Mednick, penulis buku “Take a Nap! Change Your Life.” agar sahabat bisa tidur siang sekejap di tempat kerja atau di manapun.

1. Siapkan waktu dan ruang.

Quicknap membutuhkan waktu 15 menit sampai 30 menit. Ruang yang dibutuhkan tidak harus ruang tidur, cukup tempat duduk yang nyaman, karpet atau matras serta tidak diganggu oleh orang-orang yang di sekitar.

2. Kondisikan senyaman mungkin.

Apabila memungkinkan, ruangan diseting agar gelap. Karena ketika gelap otak memproduksi hormon melatonin. Oleh karena itu ketika mata tertutup, lampu sebaiknya dimatikan. Atau paling tidak memakai penutup mata. Matikan Handphone serta sebaiknya tidak terkena AC atau kipas angin secara langsung.

3. Hati-hati dengan bahan kimia makanan atau minuman

Sebaiknya anda menghindari kafein (teh dan kopi) untuk beberapa jam sebelum tidur siang. Begitu juga hindari alkohol, nikotin (rokok), obat diet dan obat anti depresan. Oya, sebaiknya makan siang dilakukan setelah tidur siang. Jadi tidur siang terbaik adalah ketika lambung kosong (bukan lapar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar